Minggu, 02 November 2008

ekolokasi pada kelelawar


kelelawar adalah satu-satunya mamalia yang dapat terbang. Ternyata ada banyak jenis kelelawar lho!!!..ada kelelawar buah(makanannya buah), kelelawar ikan (makanannya ikan), kelelawar lidah panjang, kelelawar katak dan kelelawar vampir (mengisap darah dari binatang hidup). Kelelawar2 tersebut mencari makan pada malam hari dan tidur pada siang hari di gua-gua yang lembap dan gelap.
Kelelawar ternyata tidak memiliki penglihatan yang tajam. Namun, bagaimana ia dapat mencari makan pada malam hari yang gelap padahal penglihatannya kurang tajam????
Ternyata kelelawar menggunakan gelombang bunyi untuk mengetahui posisi mangsanya. nah ini yang disebut ekolokasi...ketika terbang, kelelawar mengeluarkan 5- 20 denyut bunyi per detik. Jika menemukan mangsa, kelelawar mengeluarkan denyut bunyi tambahan hingga 100 denyut per detik. Jika mangsa dah dekat, waktu antara sebuah denyut dan gemanya menjadi berkurang. Jika mangsa jauh, waktu antara denyut dengan gemanya menjadi bertambah. Jadi kelelawar dapat mengetahui ke mana perginya mangsa..

4 Komentar:

Pada 19 Juli 2010 pukul 05.51 , Blogger Lusi Andriani Banong mengatakan...

terima kasih info-nya, berguna untuk mengajar di kelas VI.

 
Pada 28 Desember 2010 pukul 20.26 , Blogger إمم شفعّ mengatakan...

assalamu'alaikum
maaf nih mba saya minta gambar kelelawarnya untuk data di blog saya

 
Pada 9 September 2011 pukul 15.32 , Blogger Martha Yoga mengatakan...

Trims..buat ngajar bimbel.

 
Pada 5 Mei 2012 pukul 01.02 , Blogger Melampiaskan unek-unek mengatakan...

Selain kelelawar hewan apa saja yang memiliki kemampuan ekolokasi ?

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda